RSS

Sejarah & Macam-macam Pasta

25 Apr
Sejarah & Macam-macam Pasta
Siapa yang tidak suka pasta??
Semua orang pasti suka pasta. Apalagi, pasta bisa disajikan dengan berbagai macam saus yang rasanya bisa disesuaikan dengan lidah si pelahap. Berbicara tentang pasta, pasti tidak bisa dipisahkan dengan Italia. Memang dari sinilah bahan pangan kenyal sejenis mie ini pertama kali dipopulerkan. Pasta Italia biasanya namanya sering diberi imbuhan –ini, -elli, atau –etti.
Pasta itu ada macam-macam lho, namanya pun beragam. Lebih dari 600 macam pasta lahir dari tempat kelahiran Marcopolo ini, dan sekarang tersebar hampir di seluruh penjuru dunia. Konon Marcopolo di abad 14 membawa ide pasta dari Cina.  Di Asia, khususnya Asia Timur seperti Jepang dan Korea juga mengenal pasta. Mungkin di sana lebih dikenal dengan sebutan ramen dan dangmyeon. Sama seperti mie yang kita kenal di Asia Tenggara, semua jenis pasta  ini terinspirasi dari kebudayaan China yang menyebar ke seantero Asia. Tapi pasta sendiri sudah ada di Sicily sejak middle ages. Di Roma dan Napoli pasta sudah lama menjadi staple food. Catherine de Medici yang membawa pasta ke Prancis. Sampai awal abad 20, macaroni & vermicelli (yang lebih tipis dari spaghetti) banyak dipakai di Perancis untuk dessert & garnish sup.
Baru setelah tahun 1840, pasta jadi produk pabrikan meskipun fresh pasta sampai hari ini juga masih bertahan.  Pasta kering bisa tahan lama disimpan hingga 3 tahun atau lebih karena hanya memiliki kandungan air 10%.  Sedangkan fresh pasta harus dikonsumsi dalam beberapa hari dan tidak tahan lama disimpan karena memiliki kandungan air yang tinggi. Semua punya keunggulan masing-masing, jika pasta kering lebih tahan lama, fresh pasta segar dan lebih enak rasanya.
Pada umumnya Pasta dibuat dari campuran tepung terigu, air, telur, dan garam yang dijadikan adonan yang bisa dibentuk menjadi berbagai variasi ukuran dan bentuk. Nah jenis tepung yang dipakai ini yang membedakan pasta dengan mie. Menurut peraturan, pasta harus dibuat dari durum-wheat flour yang memberikan tekstur al-dente.  Kalau mie terbuat dari gandum biasa sehingga tidak bisa al-dente.  Jenis tepung ini juga yang membedakan kualitas pasta.  Kalau tepungnya murahan pastanya tidak bisa al-dente dan biasanya juga lengket.  The better the pasta, the less it sticks together, meskipun tidak dikasih minyak saat direbus.
Untuk merebus pasta harus memakai panci yang besar dan air yang banyak.  Utk 100gr pasta, gunakan 1 liter air.  Panci JANGAN ditutup, masukan garam sedikit, dan selalu masukan pasta setelah airnya mendidih dan sekali-sekali diaduk.  Lamanya memasak tergantung besarnya ukuran, kualitas, dan kuantitas pasta.  Tes kematangannya dengan digigit, yang benar harus al-dente (masih kenyal, nggak lembek).
Jenis pasta yang paling kita kenal di Indonesia pasti Spaghetti kan yaaa ??? Padahal spaghetti itu cuma salah satu dari ratusan jenis pasta yang ada lho. Nih, berikut ini gw kasih info 18 macam pasta yang paling sering dikonsumsi di dunia.
1. SPAGHETTI
 Pasta yang paling sering kita temui, bentuknya seperti lidi panjang tanpa lubang. Sangat cocok disajikan dengan saus bolognaise (saus tomat dengan daging cincang).
2. SPAGHETTINI
 Bentuknya lebih kecil dan lebih tipis dari spaghetti. Banyak dijual di pasaran.
3. FUSILLI
Bentuknya mirip spiral. Biasanya diolah dengan saus krim dengan tomat dan kacang polong
4. ROTINI
Bentuknya mirip dengan fusilli, tetapi lebih spiral dan lebih tebal. Pasta ini sering diolah dengan daging, saus keju, juga sayuran.
5. LASAGNA
Berbentuk lembaran tipis dengan panjang sekitar 27 cm dan lebar 5 cm yang diberi isi dan disusun sampai 7 lapis. Lasagna dapat dijumpai dalam tiga warna, yaitu kuning untuk hidangan panggang, merah untuk hidangan dengan saus tomat, dan hijau yang cocok dipadukan dengan aneka sayuran.
6. RAVIOLI
Bentuknya mirip bantal kecil atau pastel, terdiri dari 2 lembaran pasta yang dalamnya bisa diisi. Isinya pun bisa macam-macam,biasanya diisi daging, keju, sayuran, jamur hingga olahan seafood.
7. FETTUCINI
Pasta pipih lebar yang mirip dengan Kwetiau. Pasta ini dapat dijumpai dalam tiga warna, yakni hijau dari sari bayam, hitam dari tinta cumi-cumi, dan kuning dari telur. Fettuccine cocok dijadikan sajian utama dengan daging, keju, sayuran, atau seafood.
8. VERMICELLI
Bentuknya lebih tebal dari spaghetti. Merupakan salah satu pasta tradisional Italia. Secara literal, namanya berarti cacing kecil.
9. CANNELLONI
Berbentuk seperti pipa berlubang dengan diameter sekitar 3 cm, dan panjangnya sekitar 5 cm. Biasanya diisi dengan berbagai isian, cocok dimasak dengan daging dan keju pada hidangan panggang maupun rebus.
10. RIGATONI
Merupakan jenis lain dari Cannelloni, tetapi dengan bentuk yang lebih pendek serta memiliki gurat-gurat vertikal di sisi luarnya.
11. PENNE
Bentuknya mirip dengan Cannelloni tetapi ujungnya berbentuk serong dengan potongan yang tajam di kedua sisinya dan berdiameter lebih kecil. Penne ini ada dua macam, yaitu yang kulit luarnya bergerigi dan yang tidak bergerigi.
12. MACARONI
Bentuknya seperti pipa melengkung dengan lubang di tengahnya. Macaroni sangat pas untuk hidangan yang dipanggang seperti Macaroni Schotel dan dapat juga digunakan sebagai isi untuk aneka sup.
13. FARFALLE
Berbentuk unik seperti dasi kupu-kupu tuxedo pria dengan tepi yang bergerigi. Pasta ini sering disajikan bersama hidangan salad atau sajian utama dengan saus creamy. Bisa juga diolah dengan saus ringan seperti minyak zaitun, keju dan mentega.
14. GNOCCHI
Merupakan pasta olahan yang terbuat dari kentang. Kentang rebus yang telah dihancurkan dibuat sebagai bahan pencampur terigu. Gnocchi umumnya disajikan dengan saus tomat.
15. DITALI
Pasta ini berbentuk seperti pipa-pipa pendek yang kalau diperhatikan sedikit banyak mirip Canneloni, tetapi bentuknya lebih gemuk.
16. CONCHIGLIONI
Bentuk Conchiglie menyerupai kulit kerang. Pasta ini dapat disajikan bersama saus atau ditambahkan ke dalam sup maupun salad.
17. CAVATELLI
Berbentuk seperti kerang berukuran kecil. Umumnya, diolah dengan campuran sayuran seperti brokoli dan tomat atau polong-polongan.
18. TORTELLINI
Bentuknya menyerupai pasta isi, diisi dengan keju ricotta dan daun-daunan seperti bayam. Pasta ini sangat cocok dinikmati dengan tomat dan saus krim.
Haduuuhhh capek kalo mau nyebutinnya satu-satu karena pasta Italia itu ada sampe 600 macem loh dan setiap tahun pastiii selalu aja tercipta bentuk yang baru. Sepertinya cukup sekian dulu info dari saya. Semoga informasinya bermanfaat.
Ingin punya bisnis dengan modal relatif kecil?
Ingin bisnis tapi takut memulainya?
Ingin bisnis sampingan tapi tidak punya banyak waktu?
Solusinya bisa di d’BC Network!
klik http://www.dbc-network.com/?id=rosemoroccan
 
 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: